Thursday, January 17, 2019

Makanan Ter-Enak Asli Nusantara Yang Membuat Anda Bakal Ketagihan | Pegawai Jalanan

Mungkin terdengar sedikit aneh dengan makanan khas nusantara ini. Biasanya orang jawa yang asli dari jawa tidak bisa memakan makanan ini, karena mungkin sedikit aneh rasanya bagi lidah mereka. Akan tetapi bagi orang keturunan jawa yang sudah lahir di pulau kalimantan, Sumatra ataupun Malaysia mungkin akan berpendapat sebaliknya, Karena makanan ini sungguh sangat enak. Biar tidak semakin penasaran makanan apa kah itu mari kita langsung masuk ke materi.


Makanan yang di maksud adalah tempoyak.  Tempoyak adalah salah satu makanan yang olahannya berasal dari fermentasi buah durian yang menimbulkan rasa asam dan aroma yang kurang enak saat di makan. Akan tetapi tempoyak itu sendiri bisa dibuat bumbu untuk membuat masakan tempoyak ikan patin dan bisa juga dengan daging ayam. Biasanya tempoyak khas Nusantara ini dibuat dengan menggunakan ikan patin, ikan mas dan lain-lain. 

Tempoyak pertama kali dikenal dari bangsa melayu yaitu Malaysia dan menyebar ke berbagai kota seperti Palembang, Jambi, Lampung, Bengkulu, Sumatera Barat dan Kalimantan. 

Tempoyak diriwayatkan dalam Hikayat Abdullah sebagai makanan sehari-hari penduduk Terengganu. Ketika Abdullah bin Abdulkadir Munsyi berkunjung ke Terengganusekitar tahun 1836, ia mengatakan bahwa salah satu makanan kegemaran penduduk setempat adalah tempoyak.


Berdasarkan sejarah yang ada dalam Hikayat Abdullah, tempoyak merupakan makanan khas rumpun bangsa Melayu, yaitu suku bangsa Melayu di Malaysia dan Indonesia yang terdapat di Sumatera dan Kalimantan.

Citarasa yang ditimbulkan tempoyak itu sendiri adalah asam karena melalui proses fermentasi pada buah durian yang menjadi bahan bakunya. di Kalimantan Barat tempoyak diolah menjadi seruit dan berbentuk sambal tempoyak dan dimakan bersama dengan nasi. 

Durian yang dipilih untuk membuat tempoyak adalah durian yang sudah matang dan biasanya mengandung banyak air. Kemudian daging durian dipisahkan dan dikasih garam secukupnya. Setelah selesai, lalu ditambah dengan cabe rawit yang bisa mempercepat proses fermentasi. Namun proses fermentasi tidak bisa terlalu lama karena akan mempengaruhi cita rasa akhir. Kemudian adonan tempoyak disimpan di dalam sebuah tempat yang tertutup rapat dan kedap udara agar menghasilkan proses fermentasi yang maksimal.



Bagaimana apakah kalian pernah memakan makanan khas Nusantara yang enak ini? Tuliskan pengalaman kalian di kolom komentar, kita buat ngiler atau berliur orang yang belum pernah merasakan kenikmatan Tempoyak ini.

SILAHKAN TONTON VIDEONYA DISINI






Referensi :
1). https://id.wikipedia.org/wiki/Tempoyak

2 comments: