F PERBEDAAN GEREJA KHATOLIK ROMA DAN GEREJA ORTODOKS!!! ~ PEGAWAI JALANAN

Sabtu, 19 Maret 2022

PERBEDAAN GEREJA KHATOLIK ROMA DAN GEREJA ORTODOKS!!!

 


Kekristenan tampaknya terbagi menjadi gereja-gereja Timur dan Barat yang masing-masing disebut sebagai Gereja Ortodoks dan Katolik. Sebenarnya, ketika kita mengatakan Katolik di sini, yang kita maksud adalah gereja Katolik Roma. Bagi pengamat biasa atau seseorang dari agama lain, Ortodoks dan Katolik mungkin tampak sama, tetapi ada perbedaan doktrin dan otoritas. Walaupun pada Keyakinan dan praktik dasar tetap sama.

Pada dasarnya terdapat sebuah sejarah tentang asal mula katolik dengan lahirnya Gereja Katolik Roma dan juga Gereja Ortodoks yang nyatanya juga memiliki perbedaan di dalamnya. Gereja Katolik Roma pertama kali digunakan oleh umat Protestan, tetapi pada akhirnya di abad ke-17 Gereja Katolik Roma pun digunakan oleh umat Katolik. Hubungan antara Gereja Katolik dengan gereja-gereja lainnya saling menguntungkan atau dalam simbiosis mutualisme. Bahkan Gereja Katolik pun telah secara resmi diterima oleh Gereja Kristen dengan sebutan Gereja Katolik Roma. Sedangkan Gereja Ortodoks merupakan gereja untuk umat Kristen yang memiliki pengikut di daerah Eropa Timur, pesisir timur Laut Tengah, Jepang, India, dan Indonesia.

Pada tahun 1054 M, agama Kristen terbelah menjadi dua aliran besar, yaitu Gereja Katolik Roma dan Gereja Ortodoks Timur. Perbedaan awal adalah letak dari gereja-gereja tersebut berada, Gereja Katolik Roma berada di Roma dan Gereja Ortodoks berawal dari Konstatinopel yang kini Bernama istanbul. Namun Saat ini, pusat monastisisme Kristen Ortodoks paling berpengaruh adalah Biara Santa Katarina di Jazirah Sinai (Mesir) dan Gunung Athos di Makedonia Yunani (Yunani Utara).Gereja Ortodoks Timur lebih mementingkan metode-metode yang bersifat mistis daripada rasional dan juga tradisional. Maka tak heran, jika dibandingkan dengan gereja-gereja lainnya, tentu Gereja Katolik Roma lebih dekat dengan Gereja Ortodoks dari sisi upacara agama dan kepercayaan terhadap ghaib. Lalu apa perbedaan antara gereja ortodoks dan gereja katolik.

1.          Gereja Katolik Roma menjadikan Paus sebagai pusat segala harapan, sedangkan Gereja Ortodoks Timur tidak mengakui adanya Paus sebagai pengganti dari Yesus. Bahkan, kepala pusat dari Gereja Ortodoks Timur pun adalah seorang Uskup yang memiliki wewenang dan hak sebagai koordinator gereja di setiap negara. Namun, Uskup bukanlah wakil dari Yesus Kristus, ia hanyalah kepala tituler semata.

2.          Gereja Katolik Roma menganggap bahwa mereka berhak untuk menentukan ketetapan-ketetapan yang ada di luar kitab suci, tetapi berbeda dengan Gereja Ortodoks Timur yang menganggap bahwa hanya kitab suci sajalah yang menjadi sumber dari segala sumber kepercayaan yang diyakini.

3.          Perihal pengajaran atas orang lain, Gereja Ortodoks Timur tidak menganggapnya mereka sebagai badan atau lembaga yang melakukan tugas tersebut. Menurut Gereja Ortodoks Timur, masalah mengenai keimanan Kristen yang diyakini, tergantung pada masing-masing gereja yang mengajarkan.

4.          Bagi Gereja Katolik Roma, hanya pejabat suci gereja saja yang bisa memberikan petunjuk untuk orang lain yang menuju kepada kebenaran Tuhan. Berbeda dengan Gereja Ortodoks Timur yang menganggap bahwa berpusat pada hati nurani manusialah, kebenaran Tuhan itu ada dan diyakini.

5.       Hanya Gereja Katolik Roma saja yang bisa terjaga dari segala kesalahan yang diperbuat,tetapi jika melihat pada pendapat Gereja Ortodoks Timur tentu roh sucilah yang masuk ke hati dan jiwa umat Kristen untuk menjaga mereka dari segala perbuatan salah yang diperbuat.

6.        Jika kita tahu bahwa terdapat pendeta-pendeta yang masih melajang, dikarenakan terdapat larangan bagi pendeta Gereja Katolik Roma untuk melepas masa lajangnya. Namun,berbeda dengan Gereja Ortodoks Timur yang memiliki pemikiran yang sama dengan Gereja Kristen Protestan, yang memperbolehkan pendetanya melangsungkan pernikahan.

7.              Dalam ajaran Gereja Ortodoks Timur, siapapun bahkan orang awam diperbolehkan untuk membaca al-Kitab dalam situasi apapun, termasuk di saat kebaktian resmi atau sekedar mengajarkannya mengenai beberapa ayat. Hal ini sangat berbeda dengan ajaran di Gereja Katolik Roma yang hanya memperbolehkan gereja saja memberikan pengertian tentang al-Kitab dan pandangan ini sama dengan pandangan Gereja Kristen Protestan.

8.        Dalam ajaran Gereja Ortodoks Timur, mistis dijadikan sebagai ajaran parktis yang dilakukan untuk orang awam dan sangat terbuka bagi umat yang ingin meningkatkan kehidupannya yang megah dihadapan Tuhan. Hal ini dikarenakan Gereja Ortodoks Timur memang lebih mementingkan segi mistis, daripada hukum dan akal dalam ajarannya. Bertentangan dengan Gereja Katolik Roma yang ajarannya sama dengan Gereja Kristen Protestan, yang memusatkan cita-cita untuk mencapai sebuah kerajaaan.

9.            Jika Gereja Ortodoks Timur memandang semua derajat orang awan disamaratakan dengan pendeta, yang berasal dari jiwa Kristus yang bergfungsi di dalam diri mereka secara kolektif. Namun, lain halnya dengan Gereja Katolik Roma yang menganggap bahwa pendeta adalah seseorang yang suci dan mewaliki Yesus Kristus di dunia ini.

10.           Dalam penggunaan kalender antara gereja ortodoks dan gereja memiliki perbedaan. Umat Katolik menerima kalender Georgia sedangkan Orthodox menggunakan kalender Julian. Akibatnya Katolik merayakan Natal tgl 25 Desember sementara Ortodoks pada tanggal 7 Januari. Hal ini dikarenakan kalender Julian lebih lambat dari kalender Georgia.

11.           Umat Katolik percaya bahwa Maria menjadi satu tanpa dosa asal dan karenanya pantas menjadi ibu dari putra tuhan. Gereja Ortodoks merasa bahwa Maria adalah orang biasa tetapi dipilih menjadi ibu Yesus karena dia telah menjalani kehidupan yang bajik.

12.           Pada penggunaan Bahasa, Bahasa Latin tetap menjadi bahasa Gereja Katolik untuk waktu yang lama. Hanya setelah Konsili Ekumenis kedua, Gereja Katolik mulai menggunakan bahasa asli untuk kebaktian massal. Sedangkan Gereja Ortodoks tidak menerima bahasa Romawi Latin dan lebih suka menggunakan bahasa asli sejak awal.

13.           Umat Katolik lebih menyukai patung sedangkan Ortodoks percaya pada ikon, bukan patung.

14.   Tidak seperti Katolik Roma, orang-orang percaya Ortodoks Yunani tidak menerima konsep penyucian dan Stasiun Salib.

15.            Pada Tanda salib. Saat di bahu, Katolik membuat tanda salib dari kiri ke kanan maka Ortodoks dari kanan ke kiri. Selain itu ada perbedaan ritus dan tata cara ibadat serta busana yang dikenakan imam.

16.          Pada Tempat duduk, di gereja Katolik yang ada tempat duduk, di dalam gereja Ortodoks tidak ada tempat duduk sama sekali. Baik imam maupun umat berdiri sejak awal sampai akhir.

17.         Sehubungan dengan sakramen Ekaristi Kudus, sementara Katolik Roma memanfaatkan wafer tidak beragi, anggota Gereja Ortodoks Yunani menggunakan roti tidak beragi.

Itulah perbedaan gereja ortodoks dan gereja Katolik Roma, dan mungkin masih banyak perbedaan lainnya. Pada dasarnya gereja ortodoks adalah gereja yang berpusat di timur dengan status sama antara pejabat suci gereja dan orang awam. Hal ini dikarenakan Gereja Ortodoks Timur yang menganggap bahwa berpusat pada hati nurani manusialah, kebenaran Tuhan itu ada dan diyakini. Sedangkan pada gereja Katolik Roma adalah gereja yang berpusat di Roma dengan Paus sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dan para pendeta dianggap sebagai orang-orang suci.

Meskipun Gereja- gereja Orthodox tersebut tidak berada dalam persekutuan penuh dengan Gereja Katolik, mereka mempunyai hubungan yang erat dengan Gereja Katolik, sebab mereka juga mengakui ketujuh sakramen, dan mempunyai jalur apostolik. Dalam kondisi darurat (misalnya karena di ambang maut), seseorang dari gereja Orthodox dapat meminta imam dari Gereja Katolik agar memberikan sakramen Minyak suci (Urapan orang sakit), Ekaristi dan Pengakuan dosa.

Sumber Referensi : haloedukasi.com

id.sawakinome.com

id.strephonsays.com

id.wikipedia.org

resospolag.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar