F VLADIMIR PUTIN!!! ~ PEGAWAI JALANAN

Sabtu, 19 Maret 2022

VLADIMIR PUTIN!!!

 

Saat ini, Kita tentu tidak asing lagi ketika mendengar Nama Vladimir Putin. Vladimir Putin adalah orang nomor 1 di rusia setelah beberapa periode, dan dikabarkan Putin juga telah menunjukkan hasil dari pemilihan suara nasional yang akan memperpanjang kekuasan hingga tahun 2036. Putin Semakin dikenal setelah menyatakan dukungan untuk palestina dengan cara mendesak Israel dan Palestina untuk menghentikan konflik yang terjadi. Melalui surat yang dibacakan pada pertemuan puncak Liga Arab di Mesir, Vladimir Putin menyatakan dukungan Rusia untuk kemerdekaan Palestina. Rusia akan berjuang demi kemerdekaan Palestina dan meminta isu di wilayah Timur Tengah diselesaikan dengan cara-cara damai. Padahal pada saat itu banyak negara-negara eropa yang seakan tidak perduli dengan rakyat palestina yang berusaha untuk mendapat kemerdekaannya.

Ketika Rusia melakukan operasi militer ke Ukraina, banyak masyarakat Indonesia yang mendukung kebijakan yang dilakukan Putin. Putin menganggap keputusan Ukraina untuk bergabung dengan NATO dapat mengancam keamanan negaranya. Orang nomor 1 di Rusia tersebut melakukan upaya untuk melindungi negaranya, walaupun dimata orang lain kebijakannya itu dianggap sebagai sebuah kejahatan. Putin yang pernah bekerja untuk Komite Keamanan Negara atau Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti (KGB). selama 15 tahun menjabat sebagai seorang perwira intelijen asing di KGB, termasuk enam tahun di Dresden, Jerman Timur, tentu mengetahui siasat yang dilakukan oleh Amerika dan sekutunya.

Putin yang saat ini berusia 69 tahun, lahir pada 7 Oktober 1952 dengan nama Vladimir Vladimirovich Putin, di Leningrad, Republik Sosialis Federatif Soviet Rusia, Uni Soviet (sekarang Saint Petersburg, Federasi Rusia). Orangtua Putin adalah Vladimir Spiridonovich Putin dan Maria Ivanovna Putina, dimana Ibu Putin adalah seorang buruh pabrik, dan ayahnya adalah seorang konskrip dalam Angkatan Laut Soviet, bertugas dalam armada submarinir pada awal 1930-an.

Pada tahun 1975, Putin bergabung dengan KGB, dan dilatih di sekolah KGB ke-401, Okhta, Leningrad (sekarang Saint Petersburg). Pada tahun berikutnya, yaitu Tahun 1976, Putin meraih pangkat Letnan Pertama. Tugasnya di KGB saat itu fokus pada kontra intelijen dan memantau warga negara asing. Setelah menjalani pelatihan di Andropov Red Banner Institute di Moskow dan telah fasih berbahasa Jerman, Putin ditugaskan ke Dresden (yang saat itu masuk Jerman Timur) dengan menggunakan identitas samaran sebagai penerjemah selama lima tahun, dari 1985 hingga 1990. Buku biografi Putin berjudul 'Mr Putin' yang ditulis Fiona Hill dan Cliff Gaddy berspekulasi bahwa misinya saat itu di Dresden adalah merekrut para pejabat top Stasi dan Partai Komunis Jerman Timur, mencuri rahasia teknologi, memantau warga negara asing yang berkunjung, atau melakukan kunjungan penyamaran ke Jerman Barat.

Selama bertugas di Dresden, Putin dinaikkan pangkatnya menjadi Letnan Kolonel dan dipromosikan ke posisi Asisten Senior untuk Kepala Departemen. Pada Tahun 1989, Putin kemudian meraih medali perunggu dari Republik Demokratik Jerman, untuk Kesetiaan Pengabdian bagi Tentara Rakyat Nasional. Saat terjadi kericuhan di Tembok Berlin yang memisahkan Jerman Barat dan Timur pada tahun 1989, Putin lalu membakar berkas-berkas KGB agar para pengunjuk rasa tidak mengambil berkas-berkas tersebut.

Setelah keruntuhan pemerintah komunis Jerman Timur, Putin pulang ke Leningrad, kemudian pada Juni 1991, ia bekerja pada bagian Urusan Internasional Universitas Negeri Leningrad, dengan memberikan kabar kepada Wakil Rektor Yuriy Molchanov. Di sana, Putin ditugaskan untuk merekrut anggota-anggota KGB baru, memantau badan pelajar, dan memperbaharui persahabatannya dengan mantan profesornya, Anatoly Sobchak, Wali kota Leningrad. Ditahun yang sama, Putin mengundurkan diri dari KGB saat upaya kudeta terhadap Presiden Uni Soviet saat itu, (Mikhail Gorbachev)  yang dinilai telah keluar dari prinsip komunis. Putin kemudian memulai karier politiknya dengan bekerja di Balai Kota Saint Petersburg sebagai staf Wali Kota Anatoly Sobchak. Karier politiknya semakin menanjak sebelum akhirnya dia ditunjuk menjadi Direktur FSB (Federálʹnaja Slúžba Bezopásnosti Rossíjskoj Federácii) - pengganti KGB - tahun 1998.

Tidak lama setelah itu atau pada Desember 1999, Presiden Rusia Boris Yeltsin mengundurkan diri dan menunjuk Putin sebagai pejabat presiden sampai datangnya pemilihan umum resmi. Tahun 2000, Putin memenangkan pilpres dengan meraup 53 persen suara dan secara resmi menjabat Presiden Rusia hingga 2008. Pada tahun 2008-2012 putin menjabat sebagai perdana Menteri, ia diangkat kembali sebagai perdana menteri oleh penggantinya yaitu Dmitry Medvedev. Langkah ini berujung pada kembali menangnya Putin dalam pemilu presiden pada Maret 2012 hingga saat ini.

Sebagai seorang presiden, Vladimir Vladimirovich Putin sangatlah patut diacungi jempol. Segala perjuangan serta keberaniannya seperti mendapat protes dari negara karena menginginkan aneksasi. Vladimir Putin banyak dikenal sebagai seorang pahlawan dunia karena memang perjuangannya dalam menjadi seorang presiden atau pemimpin beliau sangatlah tegas. Apalagi beliau termasuk mantan anggota KGB, badan intelijen Rusia. dapat melihat perjuangannya, kerja kerasnya, atau keberaniannya dalam membela negara.

Saat Rusia mengalami perekonomian buruk karena ada campur tangan dari pihak lain bahkan terus berlangsung hingga tahun 1998. Di masa itu pemerintah menyatakan bahwa tak mampu membayar hutang luar negeri. Kondisi Rusia baru menemukan titik terang pada tahun 1999, dimana Vladimir Vladimirovich Putin diangkat menjadi wakil pertama PM (Perdana Menteri). Di saat itu juga beliau langsung mengambil sebuah tindakan dengan menyelidiki kasus keuangan negara Rusia.

Beliau telah dipercaya bisa memegang kendali atas kondisi negara Rusia, di bawah kepemimpinannya kebijakan-kebijakannya sudah terbukti berhasil.Salah satu dari hasil nyata tersebut ialah mengatasi krisis ekonomi dalam kurun waktu 2005-2006. Negara Rusia berhasil melunaskan hutangnya pada Paris Club dengan nominal paling banyak. Padahal negara tersebut dikenal sebagai hutang paling besar.

Vladimir Putin juga merupakan salah satu orang paling berpengaruh di dunia hal ini dapat kita lihat dari perjuangan keras yang beliau lakukan demi kehidupan negaranya mampu membuahkan hasil terbaik. Putin saat ini mampu menguatkan perekonomian Rusia yang saat itu memiliki banyak hutang. 

Putin juga mengeluarkan undang-undang anti-gay yang melarang pasangan gay mengadopsi anak di Rusia dan melarang propaganda seks menyimpang pada anak di bawah umur. Hal ini  membuat marah orang-orang dengan homoseksual.

Vladimir Putin juga dianggap sebagai sosok pemimpin yang ramah dengan keberadaan Muslim di negaranya, beberapa sikap Putin yang terbuka kepada Muslim. Hal ini dapat kita lihat pada saat Vladimir Putin hadir pada peresmian Masjid Katedral Moskow Setelah direkonstruksi besar-besaran. Masjid Katedral Moskow menjadi tempat ibadah utama bagi umat Islam. 

Vladimir Putin juga menyatakan rasa bahagia dan ucapan selamatnya pada umat Muslim di Rusia terkait Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Menurutnya, Idul Fitri memiliki makna khusus sebagai hari keagamaan besar yang menandai bulan suci umat Muslim.

Itulah pembahasan tentang Vladimir Putin, orang nomor 1 di Rusia. Putin adalah salah satu orang yang berpengaruh di dunia. Dengan kebijakannya, negara Rusia yang saat itu menjadi negara yang memiliki banyak hutang saat ini telah menjadi negara yang berdikari. Kegigihan Presiden Rusia untuk berdikari, baik secara politik maupun ekonomi, tampaknya telah membuahkan hasil. Sebagai respons atas sanksi Barat dan jatuhnya harga minyak, pemerintah memutuskan untuk mengakumulasi cadangan kas negara demi memastikan stabilitas keuangan. Vladimir Putin juga menjadi orang yang dicintai oleh rakyatnya karena jasa-jasanya untuk Rusia. Di bawah kepemimpinannya, Rusia menjadi salah satu negara yang ditakuti oleh Amerika dan sekutunya.

 

Sumber Referensi : akudigital.com

dw.com

id.wikipedia.org

news.okezone.com

republika.co.id

tirto.id

0 komentar:

Posting Komentar