Thursday, February 7, 2019

5 Fakta Tentang Malaysia Yang Wajib Kamu Tahu I Pegawai Jalanan

Malaysia merupakan salah satu negeri dengan perpaduan ras dan agama yang tidak sedikit. Ada orang Melayu, India, China, dan kelompok etnis lainnya hidup berdampingan di Malaysia. Ada pula orang yang beragama islam, Kristen, Buddha, Hindu,  dan China tradisi yang tinggal bersama dan hidup damai.
Tak kenal maka tak sayang. Untuk bisa menyayangi Malaysia, maka kita harus lebih kenal dekat dengan negara tetangga yang satu ini. Nah, berikut ini merupakan 5 fakta tentang Malaysia yang perlu kita ketahui.

1. Mayoritas penduduk beragama islam

Indonesia dan Malaysia pada dasarnya tidak jauh beda. Sama halnya dengan negara tetangga Indonesia dan Brunei Darussalam, penduduk Malaysia juga mayoritas beragama islam. Tak heran jika kita akan menemukan banyak masjid besar di Malaysia.

Bangsa Malaysia yang mayoritas beragama islam
Bangsa Malaysia yang mayoritas beragama islam

Sekitar 60 persen bangsa Malaysia, sebutan untuk penduduk Malaysia yang beragama islam. Dari 28 juta bangsa Malaysia, sekitar 17 juta di antara mereka yang menganut agama islam. Sedangkan sisanya, bangsa Malaysia beragama Kristen, Buddha, Hindu, China tradisi hingga agama yang lainnya.

2. Kesultanan tertua di dunia

Malaysia terdiri dari 9 kesultanan atau diperintah oleh sultan serta 4 negara yang bagian yang diperintah oleh Yang Dipertuan Negeri atau istilah di Indonesia adalah seorang gubernur. Kesembilan kesultanan Malaysia antara lain: Johor, Kedah, Selangor, Kelantan, Negeri Sembilan, Pahang, Perak, Perlis, dan Trengganu.

Kasultanan Kedah di Malaysia
Kasultanan Kedah di Malaysia

Adapun Kesultanan Kedah adalah kesultanan awal di Semenanjung Malaya yang juga merupakan kesultanan tertua di dunia. Kesultanan Kedah ini berdiri sekitar tahun 1136 dan berkaitan dengan dinasti Hindu. Namun, tak lama kemudian kesultanan Kedah yang awalnya masih berbau Hindu ini menjadi kesultanan islam.

3. Memiliki gua bawah tanah terbesar di dunia

Nah, untuk tempat liburan, Malaysia memiliki Taman Nasional Gunung Mulu atau Gunung Mulu National Park yang wajib dikunjungi. Area ini terletak di negara Malaysia yang berbatasan dengan Indonesia, yakni di pulau Kalimantan. Atau lebih tepatnya terletak di Gunung Mulu National Park.

Gua bawah tanah Sarawak Chamber
Gua bawah tanah Sarawak Chamber

Di Taman Nasional Gunung Mulu ini terdapat gua bawah tanah yang sangat besar. Adalah Sarawak Chamber, gua bawah tanah di Malaysia yang merupakan gua terbesar di dunia. Besarnya gua ini diperkirakan mampu menampung sekitar 40 pesawat Boeing 747. Ditambah lagi dengan wisata hutan hujan yang menarik perhatian para wisatawan.

4. Hukum cambuk

Sementara untuk bidang hukum, Malaysia terkenal dengan hukuman cambuk. Cambuk dengan menggunakan rotan atau cambuk rotan adalah hukuman utama dalam undang-undang di Malaysia. Dan jumlah cambukan terbanyak adalah sebanyak 24 kali. Menakutkan juga kan?

Hukuman cambuk di Malaysia
Hukuman cambuk di Malaysia

Kendati Malaysia memberlakukan cambuk rotan sebagai hukuman utama mereka, namun hukuman cambuk ini terkecuali bagi wanita dan anak-anak. Hukum cambuk rotan ini pun juga diberlakukan bagi orang Indonesia yang berada di sana. Dan sering pula kita mendengar TKI yang dihukum cambuk di Malaysia sehingga menuai protes dari warga kita.

5. Sering Dituduh Meng-klaim Budaya Milik Indonesia

Sering, negara Malaysia di tuduh meng-klaim budaya milik Indonesia. Sehingga banyak orang Indonesia yang termakan isu tersebut menyebut orang Malaysia sebagai pencuri. Reog ponorogo dan batik yang sering dituduhkan diklaim milik mereka. 

Reog Ponorogo yang pernah diklaim Malaysia
Reog Ponorogo yang pernah dituduhkan diklaim Malaysia

Padahal yang harus kita pahami adalah banyak orang Malaysia yang mempunyai darah keturunan dari Indonesia. Perlu kalian ketahui di malaysia juga banyak orang jawa, bugis, minang, batak, dayak, melayu yang nenek moyangnya berasal dari Indonesia. Jadi sangat wajar, seumpama orang jawa yang berkewarganegaraan malaysia yang terus melestarikan budayanya seperti wayang kulit, kuda lumping, reog dan sebagainya. Sama halnya dengan orang tionghoa yang berasal dari cina daratan yang sampai sekarang masih melestarikan kebudayaan mereka di Indonesia. Jadi jangan lagi menuduh klaim mengklaim, malu kita di lihat negara lain yang tidak serumpun dengan kita.
Malaysia dan Indonesia pada dasarnya adalah negara yang masih satu rumpun, buktinya kalian yang suka berkomentar saling berdebat bahkan bahkan saling maki itu, faham satu dengan yang lainnya. Lain halnya kalau yang komentar orang thailand menggunakan bahasa thai, sudah bisa di pastikan kalian buta huruf dan komentar akan terputrus karena tidak saling megerti bahasa masing-masing. Bahasa Indonesia dan bahasa melayu yang tak jauh beda, membuat kalian bisa nyambung, sayangnya sebagian netizen menggunakan nya untuk saling memaki. Jadi hentikanlah kekonyolan itu, karena tidak ada manfaatnya malah hanya menambah dosa kalian.  Secara fisik juga, orang Indonesia dan Malaysia hampir sama. Jadi kalau sudah sama-sama serumpun maka berdamailah dan bersatu sebagai bangsa nusantara yang besar ini.

0 komentar:

Post a Comment