Saturday, January 4, 2020

Tentang Dajjal 3 Hal yang Wajib Kita Ketahui | Pegawai Jalanan

Ilustrasi Dajjal

Percaya kepada hari kiamat adalah salah satu bukti keimanan kita sebagai seorang Muslim. Tak mempercayainya, sudah pasti ganjarannya adalah fasik dan bisa dikatakan keluar dari ajaran Islam. Kiamat akan terjadi, namun kapan dan bagaimana kronologinya masih jadi rahasia besar yang disimpan oleh Allah. Nabi sendiri menjelaskan dalam banyak riwayat jika kiamat pasti datang namun waktunya kapan kiamat akan tiba hanya Allah subhanallah wataala lah yang tau.


Hal yang pasti adalah kiamat takkan pernah terjadi jika tanda-tandanya tak ditemukan. Misalnya munculnya Imam Al Mahdi, turunnya Nabi Isa dan juga sosok mengerikan yang kita kenal dengan Dajjal. Dari semua tanda ini Dajjal lah yang harus jadi perhatian kita. Makhluk ini adalah representasi kesesatan yang nyata dan dimampukan oleh Allah melakukan hal-hal menakjubkan agar bisa menyesatkan lebih banyak manusia.

Berikut adalah ciri-ciri serta hal-hal yang berkaitan dengan Dajjal yang wajib untuk kita ketahui.

Fisik Dajjal

Para Ulama pernah mendebatkan tentang sosok Dajjal ini. Sebagian menganggap bahwa Dajjal adalah wujud dari peradaban maju atau sebuah bangsa. Namun sebagian lagi mengatakan jika Dajjal adalah manusia. Hal ini ditegaskan dalam sebuah hadist, 

''sesungguh nya dajjal adalah seorang laki-laki pendek, afja' (pengkor), Keriting , buta mata sebelah tidak timbul tidak pula berlubang, Ketahuilah rabb kalian tidak buta. (HR. Daud dan di shahihkan oleh al-bani dalam shahi al-jami'u ash-shagir, Hadist no. 2455)

yang di maksud afja' dalam hadist di atas adalah seorang yang jika berjalan meregangkan antar dua kaki nya seperti seorang yang selesai di khitan. jadi bisa kita simpul kan dajjal adalah seorang manusia yang masih muda.

dan ciri yang lain adalah tanda  tulisan di dahinya yang mempunyai lafal arab “Kaf” “Fa” “Ro” yang artinya adalah kafir. Tulisan ini hanya bisa dilihat orang mukmin yang benar-benar beriman kepada Allah.

Para Pengikut Dajjal

Sering diceritakan pula jika Dajjal akan jadi pemimpin dari sebuah kaum yang nantinya akan berkonfrontasi dengan umat Islam. Dalam sebuah hadist, Nabi menjelaskan siapa mereka yang jadi pengikut dajjal ini. “Akan mengikuti Dajjal dari kaum Yahudi Ashbahan kurang lebih 70 ribu orang, mereka memakai semacam thayalisah (sejenis kain yang diselempangkan di pundak). yang di sebut 70 ribu orang pengikut dajjal itu baru kaum yahudi belum pengikut lain dajjal lain nya d dunia ini.

selain orang-orang yahudi ada pula para pengikut Dajjal adalah orang-orang yang pandai membaca Al-Qur’an namun tak melewati tenggorokan mereka. Maksudnya adalah Muslim tapi tidak benar-benar memahami apa yang dianutnya. Mereka semua ini akan disenangkan oleh Dajjal dengan berbagai tipu muslihat, namun pada akhirnya akan masuk ke dalam neraka.

Kemampuan Dajjal yang Harus Diwaspadai

Dajjal adalah fitnah terberat manusia di zaman akhir dan Allah lah memberi makhluk tersebut kemampuan untuk melakukan hal-hal yang mencengangkan. Dalam banyak riwayat dikatakan jika Dajjal mampu menggenggam surga dan neraka. Manusia di akhir zaman nanti akan dihadapkan dengan ini. Tapi, sesungguhnya apa yang jadi surganya Dajjal jadi nerakanya Allah dan sebaliknya.

Tak hanya itu, Dajjal juga dapat membunuh seseorang dan menghidupkan nya kembali. Tak hanya itu, Dajjal bisa memerintah Bumi dan juga mampu menurunkan hujan. Satu lagi yang jadi kemampuan terbesar Dajjal, hal tersebut adalah harta-harta yang jumlahnya tak bisa dikira dan hanya diberikan kepada mereka yang mau mengikuti perintahnya.

Itulah beberapa hal yang harus kita ketahui dan wajib. agar kita dapat waspada mulai dari sekarang dan berusaha menguatkan iman, ada pula Hal-hal yang bisa kita lakukan agar terhindar dari fitnah Dajjal. Walau pun sebenar nya kita tak kan sanggup untuk melawan kengerian Dajjal. 
Bahkan dalam sebuah riwayat dijelaskan jika nantinya banyak Muslim yang paginya masih teguh memegang Islam, namun sore harinya menjadi kafir setelah melawan Dajjal. Sampai kedatangan Al Mahdi, maka kita dianjurkan untuk berlindung dan menghindar.

berikut adalah cara nya : 

ilustrasi

Salah satu caranya dengan menghafalkan 10 ayat pertama Surat Al Kahfi, lalu sebisa mungkin menghindari dan bersembunyi darinya, serta cara terakhir adalah dengan menetap di Mekkah atau Madinah. Dajjal dan pengikutnya tidak akan mampu masuk ke dalam dua kota ini lantaran Allah telah menyuruh para malaikat untuk menjaganya.

sudah siap kah kalian? semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT



Penyunting : elanurhidayah




0 komentar:

Post a Comment