Tuesday, March 19, 2019

Tari Salai Jin Pemanggil Roh Yang Berasal dari Ternate Maluku Utara | Pegawai Jalanan


Gambar terkaitTradisi berbau mistis memang sedari dulu ada di indonesa sejak jaman nenek moyang kita.Salah satunya adalah tadisi yang di lakukan oleh suku asli terante yaitu tarian selai jin. Salai Jin adalah sebuah tarian yang berasal dari Ternate, Maluku Utara. Tarian ini sarat akan nilai magis dan merupakan tarian etnik suku asli Ternate. Inti dari tarian ini adalah sebuah pesan terhadap para makhluk gaib yang berupa Jin. Pada masa lalu, tarian ini dipakai oleh nenek moyang masyarakat Ternate untuk berkomunikasi dengan bangsa Jin yang berada di alam gaib. Tujuan dari komunikasi ini adalah untuk meminta bantuan para Jin untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi oleh manusia.
Hasil gambar untuk tari salai jin
Biasanya tari Salai Jin memang dilakukan secara berkelompok. Tidak ada masalah bila yang melakukan pria seluruhnya, sebaliknya, atau campuran antara pria dan wanita. Dan yang paling terpenting adalah jumlah sang penari haruslah genap untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Walaupun demikian, penari tarian ini biasanya akan mengalami kemasukan roh halus yang berupa Jin.Tarian ini di awali dengan masuknya kelempok peria di arena tari di lengkapi dengan tempat berisi kemenyan yang sudah di bakar di tangan mereka. kesan mistis sudah ditampakkan dari langkah dan setiap gerakan mereka. Hal ini masih terjadi hingga masa modern ini dan situasi ini adalah nilai lebih dari tarian ini.

Pada zaman dahulu tarian ternate di lakukan oleh nenek moyang masyarakat ternate agar dapat berkomunikasi dengan para jin di alam gaib. Mengapa suku ternate pada saat itu meminta bantuan pada bangsa jin untuk menyelesaikan berbagai masalah yang sedang mereka hadapi. Pada masa itu belum ada rumah sakit seperti era modern saat ini dan sistem pemerintahan pada masa itu masih sangat sederhana,sehingga hal-hal mistis semacam ini masih sangat di andalkan ketika ada masalah ,seperti hal nya musim kemarau berkepanjangan ataupun penyakit yang tak kunjung sembuh.

Hingga saat ini tarian ternate maasih di lakukan namun kehadiran jun dan kemasukan roh halus pada tubuh si penari sudah jarang terjadi, sekarang tarian ini bahkan sudah menjadi salah satu tari penyambutan yang di lakukan oleh masyarakat ternate saat ada tamu penting yang berkunjung.

Penyunting : Shella

Sumber : 

(1).  https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/tari-salai-jin-yang-mistis-dan-keberadaannya-kini

0 komentar:

Post a Comment